Sabtu, 13 Agustus 2016

Pupuk untuk pertumbuhan akar tanaman

Banyak sekali jenis pupuk yang dijual di toko pertanian, sering bingung kalau udah sampai di sana sebab tidak tahu mau beli jenis pupuk apa. Kalau sudah begini, mau gak mau tanya-tanya sama petugas toko tentang pupuk apa paling bagus untuk tanaman cabe. Ternyata dia  malah balik bertanya, tujuan pupuknya untuk apa?

Emang tujuan pemupukan beda-beda ya? "o iya, ada pupuk untuk pertumbuhan batang, ada untuk daun dan ada juga untuk akar" begitu katanya. Akhirnya saya nyerah 100%, "terserah deh mbak, pastinya saya tanam tuh cabe merah keriting di halama rumah, pupuk apa aja yang biasa dipake, saya beli deh". Oh kalau untuk cabe merah biasa dipakai NPK dan SP pak, ada juga triple dalam bentuk butiran.

O iya mbak, cara memakai pupuknya bagaimana ya? "semua pupuk baik butiran maupun cairan cara penggunaannya sama mas, dituang/ ditabur di tanah sekitar batang cabe". Oh ternyata jenisnya aja beda toh, tapi cara pakenya sama aja. Ternyata ada pupuk cairan dan ada juga yang butiran.

Kalau kita ingin mempercepat pertumbuhan akar tanaman pakai apa ya mbak? "gunakan hormon root stimulant mas, ini ada merek root up biasa dipakai penjual bibit stek". Saya tanya juga harganya, "ini sebotolnya 50 ribu mas" terus lanjutnya lagi "cara pakainya mudah mas, bisa dioles, bisa juga batang stek direndam dalam larutan root up ini" kayaknya si mbak tau persis saya bakal nanya cara pakai tu hormon peransang pertumbuhan akar.

Emh.. ialah mba, saya beli pupuk cabenya untuk 500 batang cabe dan sekalian sebotol root up hormon akarnya. Di sini bisa bayar pake kartu debet gak mba? "bisa mas, kita layani pembelian pakai debit maupun credit card kok" Wah ternyata petani sekrang dah pada maju-maju ya, buktinya di toko pupuk aja banyak yang beli pupuk pake debet atau credit card, salut deh sama petani Indonesia.. hihii..

Intinya dari toko pupuk tersebut sya dapat banyak ilmu, terutama tentang jenis pupuk untuk cabai, pestisida dan juga hormon peransang pertumbuhan akar tanaman, sekaligus tentang tata cara penggunaan. Coba kalo tanyanya ke penyuluh pertanian, pasti bertele-tele deh, mungkin disuruh isi buku tamu dulu, tanya identitas dan KTP segala kali ya.. meding kalo urusan pertanian tanya aja petugas toko pupuk deh, urusannya lebih cepat dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar